ngarsopura-solo-jawa-tengah

10 Tempat Wisata Paling Menarik di Solo Jawa Tengah

giddimint.com – Saat berkunjung ke Solo, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mencari pengalaman baru dengan berkunjung ke tempat wisata yang sayang untuk di lewatkan. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata paling impresif di Solo yang wajib untuk Anda kunjungi.

1.    Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum yang sekaligus juga memproduksi batik ini menyimpan sefikitnya 10000 helai kain batik dengan berbagai corak, motif, dan jenis dari seluruh nusantara. Hal tersebut membuat MURI (Museum Rekor Indonesia) mencatatkannya sebagai museum yang memiliki koleksi kain batik terbanyak.

2.    Museum Radya Pustaka Solo

Museum tertua di Indonesia yang berada di dekat Taman Sriwedari ini menyimpan informasi tentang riwayat kota Solo di masa lampau. Di sini, Anda juga dapat melihat porselen yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte untuk Sri Susuhunan Paku Buwana IV.

3.    Pandawa Water World Solo

Wahana wisata air yang berada di perbatasan antara kota Surakarta dan Sukoharjo ni mempunyai 27 wahana air, diantaranya adalah Wave Pool, Fantastic Slides, Action River, Warm Spa, Aerated Spa, Sight Tower, kolam balita dan anak – anak, serta masih banyak lagi.

4.    Pasar Klewer Solo

Pusat tekstil dan sandang di kota Solo ini menawarkan beranek aragam  kain dan dan juga pakaian, khususnya adalah kain batik. Di lokasi sekitar Pasar Klewer juga terdapat beberapa penjual yang menawarkan makanan khas Solo.

5.    Galabo Solo

Pasar Malam Galabo (Gladag Langen Bogan) mulai buka jaml 5 sore hingga 5 pagi. Tidak hanya berisi deretan tenda dan bangku saja, pasar malam ini juga telah disertai dengan akses WiFi gratis serta live music sebagai hiburan bagi pengunjung. Beragam kuliner khas Solo bisa Anda temukan di sini seperti sate kere, tengkleng, wedang ronde, mie thoprak, dan lain sebagainya. Beberapa menu yang populer antara lain Sate Kere Yu Rebi serta Susu Segar Shi Jack.

6.    Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo

Taman rakyat di Kota Solo ini memiliki 16 wahana permainan, panggung hiburan, Mini Water Park, 14 wahana stand ketangkasan, serta kafe yang menawarkan beberapa menu makanan seperti mie ayam, nasi goreng, roti bakar, bakso, hingga kentang goreng.

7.    Kampung Batik Laweyan Solo

Sentra batik yang terletak di Jalan Doktor Radjiman No. 521 ini telah ada dengan batiknya sejak pertengahan abad ke-16. Di kampung yang berdiri di atas lahan seluas 24 hektar ini, Anda dapat menemukan berbagai kerajinan batik dengan berkeliling dari satu toko ke toko lainnya.

8.    Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

kereta-kudi-di-halaman-keraton-kasunanan-surakarta-hadiningrat-solo

Keraton yang didirikan pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II ini menyimpan banyak nilai sejarah. Di dalamnya terdapat banyak barang peninggalan keraton, fragmen candi – candi di Jawa Tengah, serta Panggung Sanggabuwana yang merupakan tempat Susuhunan bersemedi dan bertemu dengan Nyai Rara Kidul.

9.    Ngarsopura Solo

Tempat wisata yang terletak di Jalan Diponegoro ini merupakan kawasan pedestrian yang ditata secara artistik dan akan ramai oleh pengunjung pada menjelang sore hingga malam hari. Di sana, pengunjung dapat melakukan sejumlah aktivitas, seperti menghabiskan waktu dengan duduk di kursi yang terdapat di sepanjang jalan atau melihat berbagai karya seniman Solo.

10.    Ngarsopura Night Market Solo

ngarsopura-solo-jawa-tengah

Pasar malam yang buka pada hari Sabtu – Minggu mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB ini menawarkan banyak barang dagangan, seperti kerajinan, souvenir, batik, hingga makanan kuliner khas Solo. Di sini juga sering diadakan live performance, seperti tarian, jazz, atau musik etnik dari para penggiat seni di Solo.

Baca Juga >>>