gunung-tangkuban-perahu-di-lembang-bandung

Pesona Wisata Gunung Tangkuban Perahu di Lembang Bandung

giddimint.com – Gunung aktif yang terletak di Cikole, Lembang ini memiliki sumber air panas yang mengandung gas belerang. Gunung Tangkuban Perahu yang mempunyai ketinggian kurang lebih 2.084 meter di atas permukaan laut dengan suhu pada siang hari sekitar 17 derajat Celcius dan dapat mencapai 2 derajat Celcius saat malam harinya.

gunung-tangkuban-perahu-di-lembang-bandung

Gunung Tangkuban Perahu memiliki sebuah legenda menarik tentang seorang pemuda bernama Sangkuriang yang ingin menikahi ibu kandungnya sendiri. Saat mengetahui bahwa Sangkuriang merupakan putranya sendiri, maka sang ibu, yaitu Dayang Sumbi segera membuat persyaratan yang berat yakni dengan membuat sebuah danau dan perahu dalam satu malam. Sangkuriang akhirnya gagal menyelesaikan persyaratan tersebut sehingga ia menjadi murka, lalu menendang perahu yang telah dibuatnya tersebut hingga jatuh terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Puncak Gunung Tangkuban Perahu berbentuk memanjang seperti halnya sebuah perahu yang terbalik. Di bagian lerengnya terdapat hamparan perkebunan teh. Tempat wisata ini juga sering digunakan sebagai lokasi pemotretan untuk foto prewedding, iklan komersil, serta pengambilan gambar pada pembuatan film. Terjadinya letusan Gunung Tangkuban Perahu mengakibatkan timbulnya tiga kawah, yakni Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu.

Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki hal menarik lainnya yakni Pohon Manarasa yang banyak tumbuh di sekitar tempat wisata ini. Pohon ini memiliki daun berwarna merah yang rasanya seperti daun jambu. Daun ini konon selalu dimakan oleh Dayang Sumbi agar tetap cantik dan awet muda.

Penginapan dan Hotel di Lembang

Di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perah ini terdapat beberapa hotel  dan penginapan yang dapat Anda pilih untuk menginap. Anda juga dapat mencari sejumlah hotel murah di kawasan Lembang yang lokasinya terbilang strategis karena berdekatan dengan sejumlah objek wisata.

Kegiatan Wisata di Tangkuban Perahu Lembang

Gunung Tangkuban Perahu menawwrkan panorama kawah yang memukau serta keindahan pemandangan dari ketinggian. Di sini, Anda dapat mengambil foto menggunakan latar kawah Tangkuban Perahu atau bahkan merebus telur pada permukaan air panas tersebut.

Baca Juga >>>