Dampak Negatif PR Bagi Peserta Didik

Dampak Negatif PR Bagi Peserta Didik

Dampak Negatif PR Bagi Peserta Didik

 

giddimint.com – Seperti yang sudah kami singgung pada artikel sebelumnya tentang dampak positif PR bagi peserta didik bahwasannya PR juga bisa berdampak positif bagi peserta didik apabila PR atau pekerjaan rumah tersebut diberikan dalam porsi yang seimbang atau tak berlebihan, akan tetapi pada kenyataannya sekarang sudah ada banyak para guru yang memberikan PR kepada peserta didiknya dalam porsi yang bisa dibilang cukup berlebih sehingga menimbulkan dampak negative bagi peserta didiknya. Dan berikut ini adalah beberapa dampak negative yang ditimbulkan oleh pekerjaan rumah bagi peserta didik.

Dampak Negatif PR Bagi Peserta Didik

Ini dampak negative PR bagi peserta didik

 

Stress

PR yang diberikan terlalu banyak bisa menjadikan siswa tertekan sehingga hal tersebut sebabkan mereka tak menyukai pelajaran tersebut. Hal demikian terjadi dikarenakan mereka yang terlalu bosan dengan banyaknya PR yang diterima. Dalam sebuah penelitian terbaru, dengan mengambil sampel sekitar 4.317 siswa di 10 sekolah menengah di California sebutkan bahwasannya 56 % siswa menganggap  PR sebagai salah satu sumber utama munculnya stress.

Terjadi penurunan kesehatan

Pedoman Ntional Asociation dan juga National Parent Teacher Assosiation telah menentapkan sebuah peraturan untuk pengerajaan PR yang dinamakan dengana turan sekitar 10 menit. Yang demikian ini dimaksudkan adalah waktu pengerjaan PR bagi setiap kelas adalah kelipatan 10 menit. Ini artinya kelas 1 memiliki waktu sekitar 10 menit untuk mengerjakan PR di setiap malam, kelas 2 sekitar 20 menit, sampai dengan kelas 12 hingga 120 menit. Apabila pengerjaan PR ini melebihi jam tersebut maka bisa memberatkan siswa, sehingga berakibat buruk lagi bagi kesehatan siswa. Mereka jadi kurang tidur, sehingga daya tahan tubuhnya jadi lemah dan mudah sekali terserang penyakit.

Waktu bagi keluarga dan teman lebih sedikit

Pada saat mereka memiliki banyak sekali PR, maka akan semakin berkurang juga interaksi social mereka, apalagi pada keluarga serta teman-temannya. Mereka jadi terlalu fokus pada pengerjaan PR serta tak menekuni hobinya. apalagi mengerjakan pr teks pancasila dalam bahasa inggris dan artinya

Nah, itulah tadi dampak pemberian perkerjaan rumah atau PR bagi siswa dari dua sisi yang bisa kami informasikan, yakni sisi positif dan juga negative. Setelah melihat lebih lanjut lagi, maka di sini Anda bisa menilai bahwasannya PR yang tepat dan sesuai dengan porsinya bisa memberi dampak positif dan apabila melebihi porsi malah jadi boomerang bagi peserta didik itu sendiri. Oleh sebab itulah, hendaknya para praktisi dunia pendidikan harus bisa mempertimbangkan porsi yang tepat saat memberikan PR bagi peserta didiknya.

Demikianlah informasi tentang dampak negative PR bagi peserta didik yang bisa kami bagikan kepada Anda semuannya. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat ya.

 

Baca Juga >>>