Peran Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini

Peran Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini

Peran Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini

giddimint.com – Pendidikan dari berbagai tingkat sekolah, dari PAUD sampai perguruan tinggi telah menyadari bahwasannya kemampuan akademik saja tak cukup untuk dapat memastikan kesuksesan anak. Berbagai perilaku yang telah Anda lihat sendiri di sekitar Anda, atau pun lewat media social juga buat banyak guru, orangtua, atau pun pembuat kebijakan bertanya-tanya tentanga apa yang kurang dalam hal pendidikan kita?

Peran Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini

Maka ide tentang pendidikan karakter ini mulai muncul serta dipandang sebagai salah satu bagian terpenting di dalam pendidikan di sekolah. Para pendidik dan juga sekolah menyusun daftar serangkaian karakteri yang telah dianggap penting untuk bisa dimiliki oleh anak didiknya kelak jadi orang dewasa yang berhasil dan sukses.

Berkarakter tak berarti akan selalu benar!

Kira-kira apa yang Anda bayangkan mengenai anak yang berkarakter baik? Perilakunya yang selalu terpuji, menyenangkan, mudah sekali diasuh, dan juga tidak pernah membuat onar? Apabila Anda kenal teman sih kecil yang selama ini Anda lihat bersikap dan juga berperilaku yang baik, eh ternyata merokok, lantas apa yang terlintas dalam benak Anda?

Untuk setiap perilaku akan memiliki konsekuensi, dan yang pasti Anda harus bertanggung jawab dengan keputusan yang salah. Akan tetapi demikian, kesalahan yang sudah pernah dilakukan tak serta merta menjadikan orang tersebut tak berkarakter abik. Anda pastinya juga sudah pernah dengar cerita mengenai orang yang telah berhasil bangkit dari kegagalan atau pun masa lalunya yang kelam sebab ternyata dia mempunyai karakter baik. karakter baik tak membuatnya kebal pada kejadian atau pun keputusan yang buruk. Ada saat sulit yang bakal dia lalui, dan karakter yang dia miliki inilah yang akan membantu membuat keputusan yang tepat.

Karakter plus kemampuan dalam berpikir

ilmubahasainggris.com Dikarenakan karakter merupakan salah satu bagian dari sebuah proses mengambil keputusan, maka dari itulah kemampuan anak untuk bisa menalar masalah dan berpikir secara logis juga ikut dalam menentukan keputisan yang telah dia ambil. Memisahkan pendidikan karakter atau pun mengangap bahwasannya pendidikan karakter ini jauh lebih penting dibandingkan dengan pendidikan intelektual jadi tak tepat. Ki Hajar Dewantara telah menekankan bahwasannya pentingnya keseimbangan cipta, karsa, dan juga karya di dalam pendidikan.

Apabila salah satu yang diutamakan, sementara lainnya dikesampingkan, maka yang akan dilihat adalah orang dewasa akan kehilangan kemanusiaannya, dan yang menarik penelitian terbaru menunjukkan bahwasannya karakter tak bisa diajarkan seperti halnya materi matematika, sebab karakter ini haruslah ditampilkan dalam lingkungan sehari-hari sih anak itu sendiri.

Demikianlah peran pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini yang bisa kami informasikan untuk Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga >>>