Pro dan Kontra Jam Sekolah Bagi Peserta Didik

Pro dan Kontra Jam Sekolah Bagi Peserta Didik

Pro dan Kontra Jam Sekolah Bagi Peserta Didik

giddimint.com – Dibeberapa waktu yang lalu, Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesia lontarkan gagasan mengenai full day school di Indonesia. Gagasan tersebut nuai reaksi para orangtua, ada yang setuju ada juga yang menolak sama sekali. Dan berikut ini kami ulasankan secara lengkap pro dan kontra jam sekolah bagi perseta didik yang harus Anda tahu terlebih dulu.

Pro dan Kontra Jam Sekolah Bagi Peserta Didik

Pro kontra jam sekolah bagi peserta didik

Tidak jauh berbeda, di tahun 2004 yang lalu, Mary Ann Rafoth PhD NCSP, menuliskan pada NASP Center mengenai pro dan kontra sistem full day school ini pada program yang diberlakukan pada taman kanak-kanak (TK) di Amerika Serikat. Di masa itulah setengah dari anak usia taman kanak-kanak tersebut mengikuti program sekolah penuh hari yang akan berlangsung dari 5 hingga 6 jam per hari, dan sisanya ikut sekolah paruh hari yang berkisar antara 2 kam sekolah per harinya.

Nah, mengingat sekarang ini jenjang taman kanak-kanak sudah bukan pengalaman sekolah pertama anak-anak, ada banyak anak di usia taman kanak-kanak sudah terbiasa dengan program full day school. Lagipula meningkatkan jumlah para orangtua tunggal yang bekerja juga sebabkan program ini semakin dibutuhkan. Program tersebut mampu mengakomodasikan tugas pengasuhan yang tepat dengan jadwal bekerja bagi orangtua.

Tapi sayangnya, gagasan tersebut tidak selalu bisa diterima dengan baik oleh para orangtua. Di Amerika Serikat, kelompok yang setuju dengan program tersebut menganggap sistem ini memberikan anak pendidikan yang jauh lebih santai serta programnya terpadu, sehingga kreatifitas, kecerdasan, serta keterampilan social anak bisa berkembang dengan baik. sementara itu, para orangtua yang menolaknya menganggap program tersebut bisa memberikan pendidikan serta kehidupan keluarga yang berkualitas. Selain hal itu, program full day school dianggap jauh lebih cocok bagi anak-anak yang mempunyai keterbatasan kemampuan konsentrasi, serta keluarga yang mempunyai keterbatasan ekonomis untuk bayar penuh pendidikan full day school tersebut. Dan berikut ini adalah saran sebelum memutuskan memberikan anak pendidikan full day atau pun half day school kuliahbahasainggris.com .

Pertimbangan sebelum memberi pendidikan full day school

  • Diskusi performa dan juga kebutuhan anak dengan guru sekolah di jenjang sebelumnya. Pertimbangkanlah dengan benar hasil observasi perkembangan serta kesiapan sih anak untuk ikut full day sistem.
  • Perhatikan juga gaya berinteraksi serta belajar anak, apa mudah lelah dan letih, sehingga butuh tidur siap, bisa menikmati aktifitas berbeda serta dalam jangka waktu lama? Bila iya, anak lebih tepat untuk mendapat mendidikan full day dibandingkan half day.
  • Sesuaikan jadwal sekolah dan jadwal keluarga, kemampuan keuangan, dan perawatan anak. Sebab terkadang ketika anak sudah memenuhi persyaratak untuk mendapat sekolah full day, tapi tak cocok dengan jadwal lainnya yang juga harus dipenuhi.

Demikianlah informasi tentang pro dan kontra jam sekoolah bagi peserta didik. Semoga saja bermanfaat dan menginspirasi.

Baca Juga >>>