Pendidikan Home Schooling

Dampak Negatif Metode Pendidikan Home Schooling

Dampak Negatif Metode Pendidikan Home Schooling

giddimint.com – Memang sampai saat ini masih ada pro dan kontra tentang metode pendidikan yang dikembangkan di Amerika Serikat yaitu metode pendidikan dengan cara home schooling. Metode pendidikan yang dilakukan hanya di rumah ini memang ada yang menilai memiliki pengaruh sangat baik bagi pertumbuhan psikis anak dan dapat menjadikan anak lebih punya banyak waktu bersama keluarga sehingga kedekatan anak dengan keluarga akan jadi jauh lebih intens.

Namun walau demikian, masih ada juga beberapa dampak negatif dari metode pendidikan yang dilakukan dengan cara home schooling. Mungkin Anda ingin tahu apa saja dampak negatif metode pendidikan yang dilakukan dengan cara home schooling ini?

Dampak Negatif Metode Pendidikan Home Schooling

Anak menjadi kurang bergaul

Tak selamanya metode pendidikan dengan cara home schooling berdampak positif karena ada juga dampak negatif yang dapat ditemukan dari metode pendidikan home schooling. Salah satu dampak negatif dari metode pendidikan home schooling adalah membuat anak – anak jadi kurang bergaul. Kurang sosialisasinya anak dengan metode home schooling ini terkadang membuat anak menjadi pribadi yang individualis, suka mementingkan diri sendiri dan merasa paling hebat karena tidak merasakan bagaimana kompetisi yang sebenarnya diluar sana.

Ketika anak menerapkan metode pendidikan home schooling, anak memang akan menjadi tergantung dengan orang tua karena hari – hari anak memang hanya bersama orang tua saja. Ini yang kemudian dapat menyebabkan anak menjadi pribadi yang tidak mandiri dan hanya bergantung pada orang tua saja. Sehingga pada akhirnya akan melahirkan anak yang mengandalkan orang tua. Untuk mengatasi hal ini, jika memang Anda ingin memberikan pendidikan home schooling pada anak berikan pengarahan dan pendidikan kemandirian yang tepat. Bahkan berikan pendidikan kemandirian sejak dini.

Melahirkan anak yang tidak mampu bersaing  

Keputusan dalam memilih sistem pembelajaran dengan metode homeschooling memang akan dapat melahirkan anak yang tidak mampu bersaing. Hal ini karena di rumah anak hanya sendiri. Belajar sendiri dan hanya tahu potensi dirinya dari pengajar tanpa tahu bagaimana kemampuan anak – anak lain seusianya di luar sana. Dan hasilnya anak tidak akan bisa tahu sampai dimana batas kemampuan anak dibandingkan dengan orang lain dan tidak bisa mengerahkan segala kemampuan diri untuk lebih berkembang.

Interaksi anak hanya dengan orang tua dan orang rumah

Karena hari – hari anak hanya di rumah kemudian akan melahirkan anak yang hanya berinteraksi dengan orang tua. Anak memang lebih mengenal orang tua tetapi tidak tahu seperti apa kehidupan dan karakter orang – orang di luar. Ini sangat berdampak kurang baik ketika nanti anak sudah dewasa dan terjun bermasyarakat. Bahkan anak juga jadi kurang relasi.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Dampak Negatif Metode Pendidikan Home SchoolingSemoga menjadi informasi yang bermanfaat. Sumber terkait : http://alturl.com/7xcf7

Baca Juga Artikel Pendidikan Lainnya :