Karakteristik dan Citra Pendidikan di Indonesia

Karakteristik dan Citra Pendidikan di Indonesia

Karakteristik dan Citra Pendidikan di Indonesia

giddimint.com – Pendidikan di Indonesia khususnya jadi saranan untuk mentransfer nilai serta normal di dalam bermasyarakat. Tiap masyarakat memiliki norma dan juga nilai, lewat pendidikan diusahakan supaya tiap individu jadi pendukung norma kaidah dan juga nilai yang telah dijunjung tinggi oleh masyarakat serta jadi pribadi yang tercermin di dalam kehidupannya sehari-hari. Pendidikan juga menjadi proses dari pembentukan pribadi secara utuh, yang mana proses dari pendidikan tersebut berlangsung secara sistemik dan juga sistematis. Sistematis ini artinya berlangsung secara bertahap serta berkesinambungan sedangkan secara sistemik artinya berlangsung pada semua situasi lingkungan dan juga sistem baik sekolah, keluarga, masyarakat, serta Negara yang melembaga.

Karakteristik dan Citra Pendidikan di Indonesia

Karakteristik pendidikan di Indonesia

Karakteristik dari pendidikan di Indonesia ini adalah sebagai seseorang yang telah dituntut untuk bisa berkomitmen pada profesinya, orang yang akan selalu berusaha untuk memperbaiki serta memperbaharui cara kerjanya sesuai tuntutan jaman, seseorang yang mempunyai ilmu, yang bisa menangkap setiap hakikat sesuatu, orang yang bisa menjelaskan hakikat di dalam pengetahuan yang telah diajarkannya.

Selain itu, seseorang yang kreatif, yang mana bisa menyiapkan peserta didik agar bisa berkreasi, yang sekaligus mengatur dna juga memelihara hasil kreasinya untuk tak menimbulkan malapetaka bagi dirinya sendiri, masyarakat, serta alam sekitar. Seseorang yang telah berusaha untuk menularkan penghayatan akhlak atau pun kepribadian pada peserta didik, dan yang terakhir adalah seseorang yang telah berusaha untuk mencerdasrkan peserta didiknya, latih berbagai keterampilan mereka sesuai dengan bakat, minat, serta kemampuan, serta menjadikan sebagai seseorang yang beradab.

Karakteristik pendidik atau guru di Indonesia

Menanamkan kebaikan tanpa rasa pamrih

Seorang pendidik meskipun sudah berusaha jadi pendidik ideal, tapi masih belum menjamin akan berhasil di dalam membantu perkembangan anak, sebab ada banyak sekali faktor lainnya yang mempengaruhi, contohnya saja pendidikan di rumah, pengaruh teman, dan lain-lain. Tapi, memberi layanan pendidikan dan juga bimbingan yang penuh dengan perhatian, kasih sayang, tentu peserta didik akan jadi lebih baik.

Membangun citra diri yang positif pada anak

contoh application letter Ada banyak sekali perlaku guru yang bisa bunuh karakter anak, yakni membuat anak merasa rendah diri. Seorang guru tak pernah memberikan pujian atau pun kata-kata positif, kecuali dengan cemoohan serta kata negative akan menjadikan peserta didik jadi tak percaya diri. Peranan guru dalam hal membangun citra diri positif pada anak sangatlah besar, sehingga menjadikan sekolah dasar “Dame School”  membuat sebuah kebijakan untuk bangun citra diri yang positif pada peserta didiknya.

Demikian sekilas informasi tentang karakteristik dan citra pendidikan di Indonesia yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan juga menginspirasi.

Baca Juga >>>