Cara Mendidik Anak Usia 1, 2, dan 3 Tahun

Cara Mendidik Anak Usia 1, 2, dan 3 Tahun

Cara Mendidik Anak Usia 1, 2, dan 3 Tahun

giddimint.com – Terkadang ada banyak orangtua yang kebingungan tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar, bila dijaman dulu orangtua umumnya mendidik anak dengan cara keras, akan tetapi ternyata ada banyak penelitian yang menyatakan bahwasannya cara tersebut adalah salah satu cara yang salah, sebab bisa memberi dampak yang tak baik ketika mereka dewasa. Dengan begitu sebagai orangtua, semestinya mendidik anak-anaknya dengan cara melakukan pendekatan secara persuasive, tak lagi dengan kekerasan. Hal yang demikian ini bertujuan supaya sih anak bisa jadi patuh dan juga bersedia dengarkan apa yang telah orangtua katakana secara sukarela tanpa adanya paksaan.

Cara Mendidik Anak Usia 1, 2, dan 3 Tahun

Cara mendidik anak usia 1, 2, dan 3 tahun

Untuk anak usia 1 tahun ini umumnya hanya akan responsive pada efek cahaya. Maka dari itu, anak dengan usia di bawah 1 tahun sudah dapat membuka mata, sehingga harus ditempatkan di tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup. Nah, cara mendidik anak pada usia 1 tahun ini pastinya akan sangat berbeda sekali dengan cara mendidik anak di usia 2 atau 3 tahun, jadi pola pendidikan yang bisa diterapkan juga masih belum begitu terlihat.

Sedangkan untuk anak pada usia 2 tahun ini sudah mulai mengenali suara-suara yang akan sering sekali mereka dengarkan, bahkan mereka juga bisa melirik ketika seseorang memanggil namanya. Hal yang demikian ini artinya indra pendengaran anak sudah berfungsi walaupun masih belum maksimal. Oleh sebab itulah, cara mendidik anak pada usia 2 tahun tersebut umumnya dimulai dengan cara membiasakan mengatakan hal-hal yang positif. Selain hal tersebut, ajarkan juga mengenai beberapa hal yang baik dan sederhana, seperti membaca doa sebelum makan, menjaga kebersihan, dan lain sebagainya.

http://www.dosenpendidikan.com/34-nama-tarian-tradisional-di-indonesia-menurut-asal-daerahnya/ Kemudian untuk mendidik anak di usia 3 tahun umumnya dengan menggunakan 3 kata utama, yakni perintah, larangan, dan juga biarkan. Hal yang demikian ini memang harus dilakukan secara berulang-ulang, sehingga akan jadi suatu kebiasaan bagi anak. Jadi sebisa mungkin Anda biasakan menyeimbangkan antara perintah dengan larangan, supaya anak Anda juga tumbuh jadi anak-anak yang taat, patuh, baik, berbakti, dan sayang pada kedua orangtuanya. Itulah mengapa cara mendidik anak memiliki peranan yang cukup penting sekali bagi orangtua. Cara mendidik anak nantinya akan sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak sendiri. Intinya di sini adalah sebagai orangtua yang baik haruslah senantiasa memberi keteladanan dan perhatian sebab tak mungkin anak-anak akan jadi penurut serta patuh bila orangtuanya sendiri tidak bisa memberikan teladan yang baik baginya.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang cara mendidik anak usia 1, 2, dan 3 tahun. Semoga bermanfaat.

Baca Juga >>>