perbedaan-penduduk-dan-warga-negara

Perbedaan Penduduk dan Warga Negara

giddimint.com – Kita pastisering mendengar kata warga negara dan penduduk” dalam kehidupan sehari – hari. Warga negara dan penduduk memiliki perbedaan dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tenang perbedann warna negara dan penduduk.

perbedaan-penduduk-dan-warga-negara

Warga negara ialah orang yang secara hukum merupakan anggota dari suatu negara.Di Indonesia telah dijelaskan dalam Pasal 1 UU RI Nomor 12Tahun 2006, bahwa:

– Warga Negara merupakan warga suatu negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang – undangan.
– Kewarganegaraan merupakan segala hal ihwal yang berhubungan dengan wrga negara.
– Pewarganegaraan merupakan tata cara bagi orang asing untuk memperoleh kewarganegaraan RI.

Penduduk ialah oarng yng bertempat tinggl atau menetap disuatu negara. Istilah penduduk memiliki cakupan yang lebih luas dibanding warga negara. Pada pasal 26 Ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bahwa peduduk merupakan Warga Negara Indonesia serta orang asing yang tinggl di wilayah Indonesia. Dengan demikian di Indonesia semua yang tinggal di wilayah Indonesia merpakan Penduduk Indonesia Panca Indera

hal ini dijelaskan padaPasal 26 UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945:

– Mereka yang menjadi warga negara merupakan orang -orang bangsa Indonesia asli dan orang – orang bangsa lain yang disahkan dengan undang – undang sebagai warga negara.
– Penduduk merupakan warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat nggal di Indonesia.
– hal – hal yang mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang – undang.

Sebagai warga negara Indonesia yang sah, semua warga harus mampunyai Surat Keterangan Penduduk yang sah yang kita kenal dengan KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Apabila sudah berusia 17 tahun maka diwajibkan memiliki Kartu Tanda Penduduk. Dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk maka kita dapat memperoleh Hak dan Kewajiban kita sebagai warna negara. Contohnya dlam pemilihan presiden maka kita dapa ikut serta dalam memilih calon.

Itulah sekilas perbedaan penduduk dan warga negara, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Lainnya :